Agama memilikiperan yang amatpentingdalamkehidupanmanusia. Agama menjadipemandudalamupayamewujudkankehidupan yang bermakna, danbermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keharusan, yang ditempuh melalui pendidikan.
Pendidikan agama ini harus dilalui anak baik di rumah maupun sekolah dan masyarakat. Dimana sekolah merupakan pihak yang mendapat mandat orang tua untuk membantu mendidik putra-putrinya demikian juga pendidikan masyarakat.
Pendidikan agama yang bisa dikembangkan pada usia dini dan usia sekolah dasar antara lain Baca Tulis Al-Qur’an dan Tahfizd. Pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an dan Tahfizd sesuai dengan tingkat perkembangan mereka yang selalu meniru orang lain. Dimana kegiatan pembelajaran akan hampir semua kegiatannya meniru dan mengulang terus-menerus.
Banyak metode BTQ yang dikembang oleh para ustad dan kyai di Indonesia. Salah satunya adalah metode Iqra’. Metode ini punya kelebihan sangat fleksibel. Bisa digunakan untuk siswa yang kemampuan belajarnya cepat maupun kecepatan rata-rata. Siswa yang cepat akan memgunakan buku pegangan “Klasikal” sedang yang sedang menggunakan buku Iqra’ standar. Dimana buku pendukung dan alat peraganya juga banyak.
Kelebihan kedua dari metode ini adalah hampir semua isi dalam buku pegangan bermakna. Kata-kata yang digunakan semua mempunyai arti. Sedang kalimat-kalimat pendek yang digunakan diambil dari Al-Qur’an.
Bukan berarti metode lain tidak baik. Masing-masing metode punya kekurangan dan kelebihan sendiri. Namun dalam belajar, faktor guru lebih menentukan keberhasilan siswa dari pada metode.
Penggunaan metode Iqra’ diputuskan karena sesuai dengan kondisi di SD Al-Irsyad, tanpa adanya koordinasi yang ketat.Dalam pelaksanaannya hampir 12 tahun, perlahan lahan peningkatan tingkat kelulusan siswa per jilid. Diawali dengan tingkat keberhasilan 30%-40 sampai tahun 2016-2017 mencapai 60%-70%. Semoga pembelajaran di sd Al-Irsyad ini selalu diberkahi Allah.
“Baca Tulis Al-Qur’an dan Tahfidz”
Agar siswa dapat berkompeten dalam Baca Tulis al-Qur’an dan Tahfidz.
KURIKULUM BTQ AL-IRSYAD BANGIL | |||
KELAS | TARGET | SUMBER | Alokasi Waktu |
1 |
1. Pengenalan Makhroj | Iqro 1, 2, 3, dan 4 | 10 JP |
2. Pengenalan Huruf sambung | 4 JP | ||
3. Pengenalan bacaan panjang pendek | 4 JP | ||
4. Pengenalan tanda baca kasroh, dhummah dan panjang karena sukun | 4 JP | ||
5. Pengenalan tanda baca tanwin | 2 JP | ||
6. Pengenalan bacaan lembut (mad liin) | 2 JP | ||
7. pengenalan nun sukun dan mimsukun | 2 JP | ||
8. Pengenalan bacaan qolqolah | 2 JP | ||
9. Pengenalan perbedaan hamzah, ‘ain, kaf dan qof sukun | 4 JP | ||
Hafalan do’a harian | Kumpulan do’adanwirid | ||
1. Do’a iftitah | 2 JP | ||
2. Tasyahud | |||
3. Ayat kursi | 5 JP | ||
4. Do’a maumakan | 2 JP | ||
5. Do’a sesudah makan | 2 JP | ||
6. Do’a mau tidur | 2 JP | ||
7. Do’a sesudah tidur | 2 JP | ||
Hafalan surah harian | Juz’ 30 | ||
1. Al-fatihah | 2 JP | ||
2. An-Naas | 2 JP | ||
3. Al- falaq | 3 JP | ||
4. Al-ikhlas | 2 JP | ||
5. Al-lahab | 2 JP | ||
6. An- nasr | 3 JP | ||
7. Al-kafirun | 4 JP | ||
8. Al-Kautsar | 2 JP | ||
9. Al-Maun | 3 JP | ||
10. Al-Quraisy | 3 JP | ||
11. Al-fiil | 3 JP | ||
12. Al-humazah | 4 JP | ||
13. Al-‘Asr | 2 JP | ||
14. At-Takatsur | 4 JP | ||
15. Al-Qoriah | 4 JP | ||
16. Al-Adiyat | 4 JP | ||
17. Al-Zalzalah | 4 JP | ||
18. Al-Bayinah | 7 JP | ||
19. Al-Qodr | 3 JP | ||
20. Al-Alaq | 7 JP | ||
21. At-Tiin | 4 JP | ||
2 |
1. Alif lam ta’rif | BukuIqrojilid 5 & 6 | 2 JP |
2. Pengenalan cara waqof | 4 JP | ||
3. Pengenalan tanda baca panjang 5-6 harakat | 2 JP | ||
4. Mengenal bacaan tasdid dan cara membacanya ( nun dan mim tasyid) | 4 JP | ||
5. Pengenalan dan cara membaca huruf bertasyid selain nun dan mim | 4 JP | ||
6. Pengenalan dan cara membaca mim sukun bertemu dengan huruf ba’ | 2 JP | ||
7. Pengenalan dan cara membaca Lam jalalah | 2 JP | ||
8. Hukum Nun sukun dan tanwin | 2 JP | ||
9. Mad Lazim Kilmi Mutsaqal | 2 JP | ||
10. Pengenalan dan cara membaca Idgham Bigunnah | 2 JP | ||
11. Pengenalan dan cara membaca Iqlab | 2 JP | ||
12. Pengenalan dan cara membaca Ikhfa | 8 JP | ||
13. Pengenalan dan tanda-tanda waqof | 2 JP | ||
14. Cara mewaqofkan huruf bertasydid | 2 JP | ||
15. Pengenalan Mad Iwadl | 2 JP | ||
16. Pengenalan dan cara membaca Ikhfa Bima’nal jadid | 2 JP | ||
17. Cara waqof huruf qalqalah bertasyid | 2 JP | ||
18. Fawatikhussuwar | 2 JP | ||
Hafalan do’a harian | Kumpulan do’adanwirid | ||
1. Do’aiftitah | 2 JP | ||
2. Tasyahud | 4 JP | ||
3. Do’a masuk wc | 2 JP | ||
4. Do’a keluar wc | 1 JP | ||
5. Do’a naik kendaraan | 2 JP | ||
6. Do’a sesudah adzan | 2 JP | ||
7. Do’a sesudah wudlu | 2 JP | ||
Hafalan Surah pendek | Juz’ 30 | ||
1. Al-Insyirah | 4 JP | ||
2. Ad-dhuha | 5 JP | ||
3. Al-Lail | 8 JP | ||
4. As-syams | 7 JP | ||
5. Al-Balad | 8 JP | ||
6. Al-Fajr | 10 JP | ||
7. Al-ghosiyah | 8 JP | ||
8. Al-A’la | 8 JP | ||
9. At-Thariq | 6 JP | ||
10. Al-Buruj | 8 JP | ||
11. Al-Insyiqoq | 8 JP | ||
12. Al-Muthaffifin | 10 JP | ||
3 |
1. Membaca Al-Qur’an 2,5 Juz (Surat Al-Baqarah-Ali Imran hal 1-51) | Tajwid praktis dan Al-Qur’an Juz 1-3 | 100 JP |
2. Cara memulai membaca Al-Qur’an (Istiftah) | 1 jp | ||
3. Makhorijul huruf (tempat keluar huruf) | |||
Halqi | 2 jp | ||
Lisani | 2 jp | ||
Syafawi | 2 jp | ||
Khaisyumi | 2 jp | ||
Jaufi | 2 jp | ||
4. shifatulhuruf | |||
5. Tanda-Tandawaqof | 2 jp | ||
6. hukum nun sukun dan tanwin: | |||
Iqlab | 2 jp | ||
Idhar halqi | 2 jp | ||
Idgham bighunnah | 2 jp | ||
Idgham bilaghunnah | 2 jp | ||
Ikhfa’ haqiqi | 2 jp | ||
Idhar wajib | 2 jp | ||
7. hukum nun dan mim tasydid (ghunnah) | 2 jp | ||
Hafalan do’a harian | Kumpulan do’a dan wirid | ||
1. Do’a iftitah | 1 JP | ||
2. Tasyahud | 1 JP | ||
3. Do’a i’tidal | 1 JP | ||
4. Do’a sujud | 1 JP | ||
5. Do’a belajar | 2 jp | ||
6. do’a pembukahati | 1 JP | ||
7. do’a kedua orangtua | 1 JP | ||
7. Do’a keselamatan dunia dan akhirat | 1 JP | ||
Hafalan Surah pendek | juz 30 | ||
1. Al-Infithor | 5 JP | ||
2. At-Takwir | 8 JP | ||
3. ‘Abasa | 7 JP | ||
4. An-Naziat | 8 JP | ||
5. An-Naba’ | 8 JP | ||
4 |
1. Membaca Al-Qur’an 5 Juz ( Surat Al Imran-Al A’rafhal 52-151) | Tajwid praktis dan Al-Qur’an Juz 3-8 | 100 JP |
2. Makhorijul huruf (tempat keluar huruf) | |||
Halqi | 2 jp | ||
Lisani | 2 jp | ||
Syafawi | 2 jp | ||
Khaisyumi | 2 jp | ||
Jaufi | 2 jp | ||
3. hokum mim sukun: | |||
Idhar syafawi | 2 jp | ||
ikhfa’ syafawi | 2 jp | ||
Idgham mimi | 2 jp | ||
4.hukum lam ta’rif | |||
Idhar qomariyah | 2 JP | ||
Idgham syamsiyah | 2 JP | ||
5. hokum tafhim dan tarqiq | 4 JP | ||
6. qolqolah | 2 JP | ||
7.hukum idgham: | |||
Idgham mutaqoribain | 2 JP | ||
Idgham mutajanisain | 2 JP | ||
Idgham mutamatsilain | 2 JP | ||
Hafalan do’a harian | Kumpulan do’a dan wirid | ||
1. Do’aiftitah | 2 JP | ||
2. Tasyahud | 2 JP | ||
3. Do’aIftirosh | 2 JP | ||
4. Mohon petunjuk dan taqwa | 2 JP | ||
5. Do’a berbuka puasa | 2 JP | ||
6. Do’a kebahagian dalam keluarga | 2 JP | ||
Do’a mendengar petir | 2 JP | ||
Hafalan surah pendek | Juz ‘ 29 | ||
1. Al-Mursalat | 10 JP | ||
2. Al-Insan | 10 JP | ||
3. Al-Qiyamah | 10 JP | ||
4. Al-Muddatstsir | 12 JP | ||
5. Al-Muzzammil | 12 JP | ||
5 |
1. Membaca Al-Qur’an 5 juz ( Surat Al A’raf-ArRa’dhal 152-251) | Tajwid praktis dan Al-Qur’an Juz 8-13 | 100 JP |
2. Makhorijul huruf (tempat keluar huruf) | 4 JP | ||
3. Bacaan mad | 2 JP | ||
mad thobi’i | 2 JP | ||
mad far’i: | 2 JP | ||
– mad layyin | 2 JP | ||
– mad ‘aridllissukun | 2 JP | ||
– mad wajibmuttashil | 2 JP | ||
– mad JaizMunfashil | 2 JP | ||
– mad ‘Iwadl | 2 JP | ||
– mad Badal | 2 JP | ||
– mad Tamkin | 2 JP | ||
– mad shilahthowilah | 2 JP | ||
– mad shilahqoshirah | 2 JP | ||
– mad farq | 2 JP | ||
– mad lazimmukhoffafkilmi | 2 JP | ||
– mad lazimmutsaqqolkilmi | 2 JP | ||
– mad lazimmukhoffafharfi | 2 JP | ||
– mad lazimmutsaqqolharfi | 2 JP | ||
4. BacaanGharib | 15 JP | ||
Hafalan Do’a Harian | Kumpulan do’a dan wirid | ||
1. Do’a iftitah | 1 JP | ||
2. Tasyahud | 1 JP | ||
3. Do’a Masuk Rumah | 1 JP | ||
4. Do’a keluar rumah | 1 JP | ||
5. Do’a Masuk masjid | 1 JP | ||
6. Do’a keluar masjid | 1 JP | ||
7. Doa Memakai pakaian | 1 JP | ||
8. Do’a Melepas pakaian | 1 JP | ||
Hafalan surah pendek | Juz ‘ 28 | ||
1. Al-Jin | 15 JP | ||
2. Nuh | 12 JP | ||
3. Al-Ma’arij | 15 JP | ||
4. Al-Haqqah | 15 JP | ||
6 |
1. Membaca Al-Qur’an 5 Juz ( Surat ArRa’d-An Nurhal 252-351) | Tajwid praktis dan Al-Qur’an Juz 13-18 | 100 JP |
2. Makhorijul huruf (tempat keluar huruf) | 5 JP | ||
3. hukum nun sukun dan tanwin | 6 JP | ||
4. hokum mim sukun | 3 JP | ||
5. Hukum nun dan mim tasydid | 1 JP | ||
6.hukum lam ta’rif | 1 JP | ||
7. hokum tafhim dan tarqiq | 2 JP | ||
8. qolqolah | 1 JP | ||
9. hokum idgham yang lain | 3 JP | ||
10. Bacaan mad | 15 JP | ||
11. BacaanGharib | 7 JP | ||
Hafalan do’a Harian | Kumpulan do’a dan wirid | ||
1. Do’a iftitah | 1 JP | ||
2. Tasyahud | 1 JP | ||
3. Do’a kafaratul majlis | 1 JP | ||
4. Do’a Masuk pasar | 1 JP | ||
5. Do’a ketika pagi | 2 JP | ||
6. Do’a Ketika sore | 2 JP | ||
8. Dzikir sesudah sholat | 2 JP | ||
Hafalan surah pendek | Al-Qur’an Juz 29 | ||
1. Al-Qalam | 15 JP | ||
2. Al-Mulk | 15 JP |
NO | KELAS | PROSEDUR PEMBELAJARAN |
1 |
1 |
· Siswa membaca Al-Fatihah
· Siswa membaca doa mau belajar · Siswa membaca Asmaul Husna · Siswa membaca surat surat pendek sesuai dengan target · Siswa menghafal surat-surat pendek secara bersama-sama · siswa memperhatikan penjelasan cara membaca iqra yang benar · ssiwa menirukan bacaan yang dibacakan guru · siswa membaca ulang bacaan iqra dengan benar secara bersama-sama |
2 |
2 |
· Siswa membaca Al-Fatihah
· Siswa membaca doa mau belajar · Siswa membaca Asmaul Husna · Siswa membaca surat surat pendek sesuai dengan target · Siswa menghafal surat-surat pendek secara bersama-sama · siswa memperhatikan penjelasan cara membaca iqra yang benar · ssiwa menirukan bacaan yang dibacakan guru · siswa membaca ulang bacaan iqra dengan benar secara bersama-sama |
3 |
3 |
· Siswa membaca Al-Fatihah
· Siswa membaca doa mau belajar · Siswa membaca Asmaul Husna · Siswa membaca surat surat pendek sesuai dengan target · Siswa menghafal surat-surat pendek secara bersama-sama · siswa memperhatikan penjelasan cara membaca iqra yang benar · ssiwa menirukan bacaan yang dibacakan guru · siswa membaca ulang bacaan iqra dengan benar secara bersama-sama |
4 |
4 |
· siswa membaca Al-Fatihah
· siswa membaca Asmaul Husna · siswa mendengarkan guru membaca beberapa ayat al-Qur’an · siswa menirukan bacaan guru per ayat · siswa membaca bersama guru ayat yang telah dibaca. · Siswa ditanya satu bacaan tajwid yang ada pada ayat yang telah dibaca · Siswa membaca bersam-sama bacaan juzamah |
5 |
5 |
· siswa membaca Al-Fatihah
· siswa membaca Asmaul Husna · siswa mendengarkan guru membaca beberapa ayat al-Qur’an · siswa menirukan bacaan guru per ayat · siswa membaca bersama guru ayat yang telah dibaca. · Siswa ditanya satu bacaan tajwid yang ada pada ayat yang telah dibaca · Siswa membaca bersam-sama bacaan juzamah |
6 |
6 |
· siswa membaca Al-Fatihah
· siswa membaca Asmaul Husna · siswa mendengarkan guru membaca beberapa ayat al-Qur’an · siswa menirukan bacaan guru per ayat · siswa membaca bersama guru ayat yang telah dibaca. · Siswa ditanya satu bacaan tajwid yang ada pada ayat yang telah dibaca · Siswa membaca bersam-sama bacaan juz amah |
Kegiatan pembelajaran diselenggarakan secara rutin setiap hari yaitu pada hari Senin sampai Jum’at. Jenis-jenis pembelajarannya adalah: