Sholat Berjamaah

PROGRAM  KEGIATAN SHOLAT

SEKOLAH DASAR AL-IRSYAD BANGIL

1. PENDAHULUAN

Perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin cepat sangat memudahkan setan dalam menjauhkan kita dengan agama. Untuk itu kita harus selalu berusaha menjaga ketaqwaan kita kepada Allah SWT yaitu dengan menjaga tiang agama Islam yaitu sholat. Semoga kita tidak tersesat pada jalan-jalan yang tidak diridhloi Allah swt, pada jaman yang semakin mendekati jaman akhir ini.

Sebagai suatu lembaga pendidikan Islam, sholat tidak hanya diajarkan secara teori. Namun juga pembiasaannya setiap hari. Jika kita sadar inilah pelajaran yang paling utama dalam pendidikan Islam, karena sholatlah kewajiban paling utama.

Lebih lanjut kita berusaha membimbing ana-anak untuk membisakan hal-hal yang wajib dan sunah dalam sholat dan kegiatan  seputar sholat. Kegiatan lain yang menyertai antara lain wudhlu dan sholat rawatib.  Sedang kegiatan  sesudahnya adalah dzikir. Kegiatan ini dilakukan   secara berjamaah di masjid, karena juga merupakan keutamaan yang harus dibiasakan terutama bagi laki-laki. Semoga selain trampil sholat juga mencintai masjid.

Hal lain yang harus kita kenalkan pada anak-anak dalam sholat ini fungsi sholat itu bagi manusia. Pertama sholat adalah kewajiban bagi seorang muslim yang ditetapkan Allah. Jika tidak konsekuensinya adalah dosa, yang artinya adalah siksa di neraka. Doktrin ini harus terus menerus kita nasehatkan kepada mereka, karena itulah cara Al-Qur’an mengingatkan kita.

Fungsi berikutnya dari sholat juga harus kita kenalkan kepada mereka. Melalui sholat kita bisa mendekatkan diri kepada Allah. Dengan dekat dengan Allah kita bisa minta apapun kebutuhan kita dalam hidup ini. Sebab manusia sangat lemah dan bodoh, pemberian Allah pasti yang terbaik.

Pelajaran sholat secara teori sudah masuk dalam mata pelajaran Fiqih Ibadah. Dan masuk juda dalam hafalan doa harian yang termasuk dalam pembelajaran BTQ praktek. Sedang praktek dan pembiasaan sholat masuk dalam program kegiatan sholat berjamaah.

Dibutuhkan adanya suatu kerjasama antara sekolah dengan orangtua siswa, untuk secara bersama-sama selalu istiqomah mengajak dan menasehati anak untuk menegakkan sholat. Hanya dengan kerja keraslah akan kita dapatkan hasil yang maksimal. Dan semoga nantinya ,siswa-siswa SD Al-Irsyad Bangil yang telah dibina dalam kegiatan Sholat berjama’ah tersebut memiliki peningkatan akhlaq dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran praktek sholat dan sholat berjamaah merupakan pembelajaran yang tersulit dari semua pembelajaran. Ini yang harus dipahami baik oleh para guru dan wali murid. Maka jangan pernah berputus asa sampai kapanpun. Karena pahala yang akan menyertai sangatlah besar.

2. NAMA PROGRAM

“  Kegiatan Sholat Berjama’ah “

3. JENIS

  1. Sholat Dhuhur Berjama’ah

Merupakan sholat Dhuhur yang dilakukan secara berjama’ah di masjid (bagi siswa putra dan putri kelas 3, 4, 5 dan 6) dan Sholat Dhuhur yang dilakukan secara berjama’ah di kelas (bagi siswa putra dan putri kelas 1 dan 2).

  1. Sholat Jum’at berjamaah

Merupakan sholat jum’at yang dilakukan secara berjama’ah di masjid (bagi siswa laki-laki mulai dari kelas 1 – 6) sedangkan bagi siswa putri kelas 1-6 dilakukan sholat dhuhur berjama’ah di kelas.

  1. Sholat Dhuha berjamaah

Merupakan Sholat Dhuha yang dilakukan secara berjama’ah di masjid (bagi siswa putra dan putri kelas 4-6).

 4. TUJUAN

  1. Membiasakan sholat lima waktu tepat waktu
  2. Membiasakan sholat lima waktu berjamaah
  3. Membiasakan sholat dhuha
  4. Membiasakan untuk meminta perlindungan kepada Allah swt banyak keburukan

5. WAKTU DAN TEMPAT

Hari                  : Senin-Jum’at

Waktu              : 07.30 – 07.40 WIB (Sholat Dhuha)

11.30 ­– 12.00 WIB (Sholat Dhuhur Berjama’ah)

Tempat            :  MASJID dan SD AL-IRSYAD BANGIL