Struktur dan Muatan Kurikulum
STRUKTUR KURIKULUM SD AL-IRSYAD BANGIL
KOMPONEN | KELAS DAN ALOKASI WAKTU | |
III | VI | |
A. MATA PELAJARAN | ||
1. Pendidikan Agama | ||
a. PAI | 2 | 2 |
b. BTQ | 2 | 2 |
c. Aqidah | 2 | 2 |
d. Fiqih | 2 | 2 |
e. Tarekh | 2 | 2 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 |
3. Bahasa Indonesia | 6 | 6 |
4. Matematika | 6 | 6 |
5. Ilmu Pengetahuan Alam | 6 | 6 |
6. Ilmu Pengetahuan Sosial | 4 | 4 |
7. Seni Budaya dan Ketrampilan | 2 | 2 |
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 4 | 4 |
B. MUATAN LOKAL | ||
1. Bahasa Jawa | 2 | 2 |
2. Bahasa Inggris | 4 | 4 |
3. Bahasa Arab | 4 | 4 |
C. PENGEMBANGAN DIRI | ||
1. Komputer | 2 | 2 |
2. Tahfid | 7 | 7 |
3. BTQ Individual (pararel dengan pelajaran lain) | ||
JUMLAH | 59 | 59 |
Tabel Pengaturan Beban Belajar
K e l a s | Satu Jam Pembelajaran tatap muka/menit | Jumlah Jam Pembelajaran per-Minggu | Minggu Efektif per-Tahun Ajaran | Waktu Pembelajaran / Jam per-Tahun |
3 | 30 | 59 | 36 | 2124 |
6 | 30 | 59 | 36 | 2124 |
Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar harus mengikuti program perbaikan (Remidi) sampai mencapai ketuntasan minimal, maksimal 3 kali.
Pelaksanaan remedial dapat dilaksanakan dengan cara-cara sbb. :
Dengan adanya remidi setiap hari diharapkan siswa tidak perlu lagi les.
Pendidikan kecakapan hidup di SD Al-Irsyad Bangil adalah Komputer, BTQ dan Tahfid.
PROGRAM PEMBELAJARAN BTQ DAN TAHFID
SD AL-IRSYAD BANGIL
KELAS | TARGET | SARANA / SUMBER | KET. DALAM % |
1 |
1. Mahroj
2. Huruf sambung 3. Bacaan panjang pendek 4. Tanda baca kasroh, dhummah dan panjang karena sukun |
Iqro’ Jilid 1,2,3 | |
Hafalan Do’a Harian
1. Do’a iftitah 2. Tasyahud 3. Ayat kursi 4. Do’a mau makan 5. Sesudah makan 6. Mau tidur 7. Sesudah tidur |
Kumpulan Do’a dan Wirid
( Yayasan Al-Sofa) |
||
Hafalan Surah Pendek
Semester satu 1. Al – Fatikhah 2. An – Naas 3. Al – Falah 4. Al – Falaq 5. Al – Lahab 6. An – Nashr 7. Al – Kafirun 8. Al – Kautsar 9. Al – Ma’un Semester dua 1. Al- qurays 2. Al- Fiil 3. Al – Humazah 4. Al -‘Ashr 5. At -Takatsur 6. Al – Qori’ah 7. Al – Adiyat |
Juz ‘Ammah | ||
2 |
1. Tanda baca kasroh, dhummah, sukun. 2. Tanda baca tanwin 3. Bacaan lembut ( mad liin ) 4. Nun sukun dan mim sukun 5. Bacaan qolqolah 6. Perbedaan hamzah, ‘ain, kaf dan qof sukun 7. Cara waqof 8. Tanda panjang 5 – 6 harokat
|
Buku Iqro’ Jilid 3,4 ,5 | |
Hafalan Do’a Harian
1. Do’a Iftitah 2. Tasyahud 3. Do’a 1 4. Do’a 2 5. Do’a 3 6. Sesudah adzan 7. Sesudah wudhu’ |
Kumpulan Do’a dan Wirid | ||
Hafalan Surah Pendek
Semester Satu 1. Al – Zilzal 2. Al – Bayinah 3. Al – Qodr 4. Al – Alaq 5. At – Tiin 6. Al – Insyirah 7. Ad – Dhuha Semester Dua 1. Al – Lail 2. Al – Syams 3. Al – Balad 4. Al – Fajr 5. Al– Ghosiyah 6. Al – A’la |
Juz ‘Ammah | ||
3 |
1. Tanda baca tanwin
2. Bacaan lembut liin 3. Nun sukun dan mim sukun 4. Bacaan qolqolah 5. Perbedaan hamzah, ‘ain, kaf, qof sukun 6. Cara mewaqof 7. Tanda panjang 5 – 6 harokat 8. Bacaan dengung dan tak dengung 9. Alif Lam Syamsiyah dan Qomariyah 10. Tanda baca tasdid 11. Bacaan samar-samar 12. Tanda waqof dan tidak waqof 13. Bacaan rendah (tipis) 14. Bacaan qolqolah bertasdid |
Buku Iqro’ Jilid 3,4 ,5 | |
Hafalan Do’a Harian
1. Do’a Iftitah 2. Tasyahud 3. Do’a 4 4. Do’a 5 5. Do’a belajar 6. Do’a pembuka hati 7. Do’a kebahagiaan dalam keluarga |
Kumpulan Do’a dan Wirid
( Yayasan Al-Sofa) |
||
Hafalan Surah Pendek
Semester Satu 1. At – Thariq 2. Al – Buruj 3. Al – Insyiqoq
Semester Dua 1. At – Tathfif 2. Al-Infithar
|
Juz ‘Ammah | ||
TADARRUS AL – QUR’AN | |||
4 |
1. Nama dan nomor surah
2. Cara memulai membaca Al – Qur’an (Istiftah) 3. Makhorijul huruf (tempat keluar huruf) – Halqi – Jaufi – Lisani – Khaisyumi – Syafawi 4. Hukum nun sukun dan tanwin 5. Hukum mim sukun 6. Idgham (mutamatsilain, mutaqorribaian, mutajanisaian) 7. Bacaan tebal (tafhim) 8. Bacaaan tipis (tarqiq) 9. Tadarus Al – Qur’an (murottal) 10. Asmaul Khusna |
– Al – Qur’an Juz 27 – 28
Juz 1 – 3
– Panduan Tajwid Praktis AMM (Jogjakarta) |
|
Hafalan Do’a Harian
1. Do’a Iftitah 2. Tasyahud 3. Mohon petunjuk dan taqwa 4. Berbuka puasa 5. Untuk kedua orang tua 6. Keselamatan dunia akhirat |
Kumpulan Do’a dan Wirid
( Yayasan Al-Sofa) |
||
Hafalan Surah Pendek
Semester Satu 1. At-Takwir 2. ‘Abasa
Semester Dua 1. An-Naziat 2. An-Naba’ |
Juz ‘Ammah | ||
5 |
Bacaan Ghorib
1. Bacaan Imalah 2. Bacaan Isymam 3. Bacaan Naql 4. Bacaan Saktah 5. Bacaan Tasyhil 6. Bacaan pendek II khusus (hati – hati) 7. Nun Washal / Iwadh 8. Tadarus Al – Qur’an (Murottal) 9. Asmaul Khusna |
– Panduan Bacaan Ghorib Tajwid Praktis AMM
– Al – Qur’an Juz 4 – 5 – 6 |
|
Do’a Harian
1. Do’a Iftitah 2. Tasyahud 3. Masuk rumah 4. Keluar rumah 5. Masuk masjid 6. Keluar masjid 7. Masuk pasar 8. Dzikir sesudah sholat |
Kumpulan Do’a dan Wirid
( Yayasan Al-Sofa) |
||
Surah Pendek
Semester Satu 1. Al – Mursalat 2. Al – Insan
Semeser Dua 1. Al-Qiyamah 2. Al – Mudatsir |
Juz ‘Ammah | ||
6 |
1. Mad Ashli (Thabi’i)
2. Mad Far’i (14) 3. Qolqolah Shugra dan Kubra 4. Ayat – ayat sujud tilawah 5. Al – Qolbul huruf 6. Shilafatul huruf 7. Tanda-tanda waqof 8. Tadarus Al – Qur’an (murotal) 9. Asmaul Khusna |
– Panduan Tajwid Praktis
– Al – Qur’an Juz 7, 8, 9, 10
|
|
10. | – | ||
Do’a Harian
1. Do’a Iftitah 2. Tasyahud 3. Memakai pakaian 4. Melepas pakaian 5. Kafarotul majlis |
Kumpulan Do’a dan Wirid
|
||
Surah Pendek
Semester Satu 1. Al – Mozzammil 2. Jin |
Juz ‘Ammah |
4. PELAYANAN KONSELING
Pelayanan Konseling :
(1). Wajib Baca
(2). Bimbingan Konseling: nasihat dan pengamatan perilaku yang dilakukan setiap hari
(3). Upacara Bendera
(4). Pemeriksaan Kesehatan
(5). Baca ke Perpustakaan
(6). Sholat Jum’at
Membiasakan adab Islam terhadap:
(1). Guru dan Orang yang lebih tua
(2). Teman dan sesama
(3). Menuntut ilmu
(4). Lingkungan
(5) Menghentikan perilaku buruk seketika
(1). Memberikan contoh akhlakul karimah
(1). Seminar/Workshop
(2). Kunjungan : Panti asuhan, tempat terkena musibah dan lain-lain
` (3). Proyek: lomba, pentas, bazar dan lain-lain
(4). Pondok Ramadhan